Rabu, 25 Maret 2015

Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid

1. Menggunakan air panas

Anda dapat mengompres perut anda dengan menggunakan air panas. Siapkan air hangat dalam botol air mineral. Lalu kompreskan ke area perut anda yang terasa nyeri. lakukan cara ini berulang-ulang

2. Tirah Baring

Lakukan istirahat total dengan tidur berbaring. Ini juga bisa mengurangi rasa nyeri anda pada saat haid, jadi jika saat nyeri haid daang, baringkanlah badan Anda dengan rileks, Insya Allah nyeri haid akan segera berangsur hilang

3. Lakukan teknik distraksi.

Teknik distraksi adalah teknik mengalihkan perhatian. Jadi tujuannya adalah agar perhatian kita tidak terfokus pada rasa nyeri yang sedang kita rasakan, tapi pada kegiatan lain. Misalnya ketika nyeri haid sedang muncul, anda bisa melakukan hal lain seperti melihat acara tv, mengobrol dengan teman, atau mengerjakan rutinitas yang lain.

4. Lakukan relaksasi

Teknik relaksasi adalah teknik penenangan. Jadi ketika nyeri sedang datang, lakukanlah pengambilan nafas panjang berulang-ulang. Nyeri juga akan berkurang ketika anda menggunakan teknik ini. Selain dapat menghilangkan nyeri, teknik ini juga bisa membuat Anda tetap rileks

5. Dengan menggunakan obat tradisional penghilang rasa nyeri haid

Anda bisa meminum obat penghilang nyeri haid, obat ini bisa anda beli di supermarket sudah pasti ada, anda bisa membuat ramuan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan yang alami yaitu rempah-rempah. Jika anda berniat untuk membuat ramuan ini di rumah, bahan yang perlu dipersiapkan adalah :
Bahan-bahan :
  • kunyit
  • daun asam yang masih muda
  • gula merah dan air
Cara Membuatnya :
  1. Pertama-tama kupaslah kunyit. Lalu cucilah kunyit begitu juga cucilah daun asam yang muda.
  2. Setelah itu siapkan air dalam kuali atau panci, rebus hingga mendidih, setelah itu masukkan daun asam dan kunyit, rebus lagi. Lalu beri gula merah hingga manis sesuai selera.
  3. Setelah itu panaskan lagi hingga mendidih kembali. Setelah mendidih kembali, angkat kuali atau panci tersebut. Dinginkan.
Minuman ini dapat di minum 2 kali dalam 1 hari. Maka nyeri haid anda akan berkurang bahkan biasanya bisa hilang. Selain dapat menghilangkan nyeri haid, ramuan ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau tidak enak ketika kita sedang haid.

0 komentar :

Posting Komentar